Rabu, 13 Juni 2012

Menjadwalkan Pembayaran Gaji PNS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu belum menjadwalkan pembayaran gaji 13 untuk 7.371 pegawai negeri sipil (PNS) karena masih menunggu terbitnya petunjuk teknis (juknis) dari Pemerintah Pusat.

“Jika juknis-nya sudah ada, kami segera bayarkan gaji 13 PNS,” ujar Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Luwu,Andi Akrab di Belopa,kemarin. Menurut dia,seperti pengalaman sebelumnya, pembayaran gaji 13 kerap dibayarkan antara Juni-Juli setelah pemerintah menerbitkan juknis. Akrab meminta seluruh PNS Luwu tidak khawatir karena gaji 13 yang nilainya setara satu bulan gaji itu tetap akan dibayarkan karena itu hak pegawai.

“Gaji 13 ini satu bulan utuh, tetapi sekali lagi,pembayarannya baru bisa dilakukan kalau sudah ada juknis dari pusat,” ujar dia. Hal sama juga berlaku di Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo. Bahkan,Pemkot Palopo belum berani menjamin jika tahun ini PNS akan menerima gaji 13.Alasannya,pemberian gaji 13 sejauh ini baru sebatas informasi dari mulut ke mulut dan belum dipertegas melalui pemberitahuan resmi dari pusat berupa juknis.

Pembayaran gaji 13 ini biasanya diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan dan diperkuat juknis dari Dirjen Perbendaharaan tentang pembayaran gaji 13.“Kami masih menunggu juknis dari pusat sebagai petunjuk pembayaran,”kata Plt Kepala DKKPAD Palopo, Munasirah. Menurut dia, mekanisme pencairan gaji 13 sama dengan mekanisme pembayaran gaji regular PNS yang diterima setiap bulan, yakni pemerintah langsung mentransfernya ke rekening setiap pegawai.

PNS berharap pemerintah tetap membayarkan gaji 13 seperti tahun-tahun sebelumnya dan pembayaran gaji bonus ini diharapkan dicairkan antara Juni-Juli mendatang. Alasannya, pada pertengahan tahun ini guru membutuhkan biaya untuk pendidikan anak.Selain itu,memasuki bulan Ramadan, PNS juga membutuhkan biaya untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa.

“Gaji 13 sangat membantu mengurangi beban biaya pendidikan anak memasuki tahun ajaran baru, sehingga gaji 13 sangat diharapkan dibayarkan antara Juni-Juli yang bersamaan tahun ajaran baru,” kata Irfan, staf Sekretariat Daerah Kota Palopo.

0 komentar:

Posting Komentar